Perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt

[ad_1]




Kunci sok atau socket merupakan salah satu alat yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi saat digunakan untuk memutar baut jika dibandingkan dengan kunci ring atau kunci pas. Ya, kunci sok memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menjaga kepala baut atau mur agar tidak mudah slek dan rusak dibandingkan dengan kunci ring atau kunci pas.

Meskipun begitu, kunci sok ini juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis dan model, mulai dari panjang pendeknya hingga kualitas material yang digunakan pada kunci sok. Oleh karenanya, saat memilih dan membeli kunci sok juga harus memperhatikan area kerja, benda yang akan dikerjakan, serta daya tahan kunci sok yang akan kita beli.


perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt 2


Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar alat bengkel tentang perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt. Maksud pt pada 6 pt dan 12 pt ini adalah point, merujuk pada titik sudut di dalam kunci sok. Apa saja perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt? Simak infonya perbedaannya dibawah berikut ini...


Berdasarkan jumlah titik sudut kunci sok



Paling jelas, perbedaan kunci shock 6pt dan 12pt adalah dari bentuk sizenya (size adalah bagian pada kunci sok yang dipasangkan pada kepala baut atau mur). Perhatikan bagian-bagian size pada kunci sok yang ditandai dengan simbol huruf "S" pada gambar dibawah ini

perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt 1


Untuk kunci sok 6pt, bagian sizenya berbentuk segi enam (hexagonal) dan untuk kunci sok 12pt bagian sizenya memiliki bentuk segi dua belas (double hexagonal). Sehingga, pada kunci sok 6pt ini memiliki 6 titik sudut, sedangkan pada kunci sok 12pt memiliki 12 titik sudut.


Berdasarkan besarnya sudut putar penggunaan



Dalam penggunaannya, masing-masing kunci sok (6pt dan 12 pt) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini terkait dengan besarnya sudut kerja yang digunakan untuk membuka baut atau mur.

perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt 3


Kunci sok 12pt dirancang agar mampu melakukan putaran dengan sedikit gerakan pada gagangnya. Setidaknya, kunci sok 12pt ini memerlukan sudut minimal 30 derajat untuk gerakan mengulang saat memutar baut. Hal ini menyebabkan kunci sok 12pt menjadi pilihan terbaik saat digunakan untuk membuka atau melepas baut dan mur dengan sudut yang kecil.

Hal diatas sangat berbeda dengan kunci sok 6pt. Kunci sok 6pt kurang cocok digunakan untuk membuka atau melepas baut dan mur dengan sudut gerak yang kecil. Hal ini dikarenakan kunci sok memerlukan sudut minimal sebesar 60 derajat untuk mengulang putaran saat melepas mur atau baut.

Jadi, jika sudut gerak untuk memutar tuas kunci sok kurang dari 60 derajat, maka kita akan kesulitan saat melakukan pekerjaan memutar baut.

Baca juga :


Berdasarkan kemampuan mencengkram mur atau kepala baut.



Perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt yang terakhir yang ombro ketahui adalah kemampuan mencengkram mur atau kepala baut. Kemampuan mencengkram ini sangat mempengaruhi hasil pekerjaan saat memutar baut.

Untuk kunci sok dengan 6pt, ia memiliki kemampuan mencengkram mur atau kepala baut yang lebih baik dibandingkan dengan kunci sok 12pt.


perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt


Pada kunci sok 6pt, seluruh sudut dan area disekeliling kepala baut atau mur akan secara langsung bertemu dengan sudut-sudut pad kunci sok. Selain itu seluruh sisi-sisinya juga akan tertutupi secara penuh. Akibatnya, kemampuan mencengkram bisa lebih baik karena kunci sok 6pt ini memegang penuh kepala baut atau mur.

Hal ini akan berbeda dengan kunci sok 12pt dimana cengkraman kunci sok hanya terjadi pada sudut-sudut kepala baut atau mur saja. Akibatnya, kemampuan mencengkram kunci sok 12pt ini lebih rendah dibandingkan kunci sok 6pt.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Alat Bengkel



[ad_2]

Source link

0 Response to "Perbedaan kunci sok 6pt dan 12pt"

Posting Komentar